Aplikasi Sniffer untuk melihat penggunaan resource di jaringan anda

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang status ping pada jaringan anda. Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara mengetahu siapa saja yang menggunakan resource bandwith di jaringan anda. Ada banyak tools/software yang dapat digunakan untuk melihat dan mengetahuinya. Disini saya tidak akan menjelaskan cara penggunaanya, karena saya berharap anda dapat belajar dan menggunakannya sendiri. Belajar butuh proses tapi lebih baik kalau belajar dulu baru bertanya,bukannya begitu??



Nah sekarang saya akan memberikan link-link tempat anda mendapakan software-software tersebut.

Applikasi di Window

Disini saya menggunakan WinDump (http://www.tcpdump.org) anda dapat menggunakan applikasi ini untuk mengcheck penggunaan resource bandwith anda. Apllikasi ini akan menunjukkan IP dan user berdasarkan penggunaan bandwithnya. Jadi anda dapat mengetahui user-user mana yang memakai bandwith download dan upload,dan jugha dapat mengetahui besarnya bandwith yang digunakan sekarang.

Applikasi di UNIX

Disini saya menggunakan Ethereal (http://www.ethereal) sama seperti penjelasan di atas. Applikasi ini jugha digunakan untuk mengetahui penggunaan resource bandwith di jaringan anda tapi digunkan pada  OS UNIX

Applikasi di WIFI/wireless network

Disini saya menggunakan Network Stumbler (http://www.stumbler.net) dan Air Snort (http://www.airsnort.shmoo.com). Kedua applikasi ini dapat digunakan untuk mencheck di wireless mode.


Keseluruhan tool-tool diatas adalah applikasi sniffing dimana applikasi ini kadang-kadang akan di blok oleh AV(anti virus) anda. Jadi sebelum anda menggunakannya matikan terlebih dahulu AV anda agar applikasi dapat berjalan.

Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © Ketadu.com