Perbedaan Paket Speedy Multispeed dan Non Multispeed.

Non Multispeed adalah bahasa kamuflase, agar terlihat kesannya dibawahnya Multispeed. Sebenarnya kita boleh menamakan Non Multispeed itu dengan sebutan Single Speed atau Fixed Speed.

Perbedaan mendasar adalah pada kemampuan menaikan dan menurunkan speed karena itu disebut Multispeed sedangkan Non Multispeed atau lebih enak disebut Single Speed atau Fixed Speed adalah layanan internet yang speednya tidak bisa dinaikan atau diturunkan (diluar gangguan jaringan).
Simak perbandingan harga dari paked speedy multispeed dan non multispeed.

Paked Multispeed.


Paket Non Multispeed.


Pada saat paket ekonomis dikeluarkan, maka ada quota yang diberikan. Pada paket Multispeed begitu melewati quota maka speed akan dimainkan alias diturunkan (tidak jelas kalau pas trafik padat apa juga ada main), sedangkan pada Non Multispeed, saat melebihi quota, speednya tetap tetapi akan di tarik biaya per megabyte kelebihan quotanya.

Untuk paket tanpa quota alias unlimited, pada non multispeed atau single speed atau fix speed, kecepatannya tidak akan turun sedangkan pada unlimited multispeed, kecepatannya dari berbagai cerita sering dikabarkan menurun setelah entah berapa giga pemakainan (info ini entah benar atau tidak yang jelas di situsnya tidak ada info tentang batasan quota wajar paket unlimited, tetapi belajar dari kata multispeed, jelas menunjukan adanya pembagian bandwidth dengan mengatur pembagian speed).

Harga tidak dapat menipu, paket unlimited Multispeed 1mbps, harganya Rp. 645.000,- sedangkan unlimited Non Multispeed alias fixed speed 1mbps, harganya Rp. 750.000,- Mengapa lebih mahal? Bahkan unlimited multispeed 3mpbs hanya Rp. 1.695.000,- jauh lebih murah dari paket warnet 1mbps yang harganya Rp. 2.500.000,-

Perbedaan yang mencolok bukan hanya pada speednya yang fixed tidak bisa dimainkan, tetapi juga pada QoS yang didapatkan. Bandwidth QoS yang didapat paket Multispeed lebih kecil dari pada paket Fixed Speed. Padahal QoS penting untuk konek server luar. Perbedaan ini tampak jelas saat download server luar Indonesia, atau saat menjalankan video streaming, kecepatan 1mbps pada fixed speed berjalan mulus sedangkan paket multispeed baru dapat mengimbangi pada dini hari atau dengan paket 2mbps. Sekali lagi sayang info QoS yang dulu pernah muncul di websitenya sekarang sudah dihapus dan tidak disampaikan kepada pelanggan.

Jadi kalau ada yang komplain disini download sering naik turun speednya, kadang ok kadang resek, itu sebab anda berbagi bandwidth. Bahkan ada yang pernah bilang speedy error speednya tembus 1mbps bahkan lebih ada yang 1,5mbps beberapa saat, itu karena anda memakai paket multispeed. Tidak pernah terpikirkah kalau anda tembus keatas, anda juga bisa tembus kebawah beberapa waktu?

Itu perbedaan mendasarnya yang sering ditanyakan banyak orang tetapi tidak ada penjelasan dari speedy secara langsung kecuali perbincangan para teknisi speedy.


Tentang warnet, ada baiknya ada pakai fixed speed paket warnet, sebab QoS besar dibutuhkan untuk game online yang memerlukan realtime lag.

Source : www.kaskus.co.id

4 comments:

Zaldi said...

sangat membantu :D lagi cari informasi ISP untuk usaha kecil kecilan hehehe

rkey78 said...

Thank's info nya,, sangat membantu sekali, pantesan warnet ku speed nya gak stabil,. toh pake multispeed. Mau coba Non multispeed, mudah2an lancar koneksinya....

Admin said...

terima kasih atas informasinya.

dhenoer said...

oh baru tau.. tapi khusus untuk pelanggan baru, kini harga sudah turun. yang multispeed 3mb sudah setara dengan yg 1mb. tetapi bagi pelanggan lama, tetap bayarnya sesuai kontrak.

Post a Comment

 
Copyright © Ketadu.com