Jaringan 4G hadir dan 3G Binasa ???

Akhir-akhir ini perkembangan teknologi telokomunikasi di Indonesia semakin membaik. Dimulai dengan adanya izin untuk menggelar koneksi terbaru di Indonesia yaitu 4G. 4G tentu saja lebih baik daripada 3G karena merupakan tingkatan diatas dari 3G. Namun apa kabar untuk layanan EDGE, 3G yang merupakan bawahan dari 4G.
Untuk hal itu mari kita bahas dahulu bagaimana spesifikasi dari 4G dan 3G.

Spesifikasi 4G :
Speed : 100 Mbps

Spesifikasi 3G :
Speed : 14Mbps downlink dan uplink 5,8Mbps



Dari spesifikasi yang didapat bisa dikatakan speed yang ditawarkan oleh 4G sangat cepat 
Kecepatan secepat itu selama ini hanya bisa didapat melalui jaringan kabel dan bukan selluler.

Lalu apakah kita perlu mengganti smartphone kita untuk mendukung 4G ? Perlu diketahui tidak semua smartphone mendukung layanan 4G, jadi anda harus mengganti dengan yang baru untuk menikmati layanan 4G. Dan untuk harga smartphone yang mendukung 4G termasuk lumayan mahal dikantong. Salah satu kendala yang akan membebani adalah disaat 3G pemuatan baterai begitu boros sehingga smartphone menjadi panas. Bagaimana bila menggunakan 4G bisa dibayangkan panas yang dihasilkan di smartphone anda.

Tapi kita masih bisa tersenyum dikarenakan untuk pengguna 3G jaringan menjadi lenggang. Speed yang didapat menjadi maksimal karena pemakaian 3G yang berkurang. Jangan mengharapkan anda akan streaming 1 judul film memakai smartphone, sensasinya tentu jauh berbeda dengan streaming di layar yang lebih besar. Sekarang anda tidak perlu terburu-buru pindah ke 4G tunggu hingga layanan dari 4G memadai dan pastinya harga smartphone yang mendukung 4G tentu akan semakin murah.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © Ketadu.com