Scan Spyware, Adware, dan Virus dengan HijackThis

Berikut ini adalah tools atau software yang dapat kita gunakan utuk mendeteksi Spyware, Adware dan Virus. Software ini boleh di bilang sangat simple dan ukurannya tidak terlalu besar. Jadi software ini gampang di gunakan dalam home atau office user. Software yang saya informasikan adalah Hijackthis dari Trendmicro.

Anda sebaiknya berhati-hati dalam mendownload software ini karena di internet banyak software palsu, dimana bila kita gunakan bukan membantu malah merusak. Jadi berhati-hati dalam pemilihan software asli dan palsu. Hal ini dikarenakan software ini  adalah freesoftware dimana tidak meminta bayaran dalam penggunaanya.
Cara kerja dari Hijackthis adalah dengan cara scanning registry window anda. Karena saat itu spyware, adware dan virus juga bekerja. Hijackthis menyimpan hasil scan berupa Hijackthis.log



Dari hasil scan software tersebut kita dapat menentukan apakah ada sotware atau applikasi yang tidak kenal atau gunakan sedang berjalan di system kita. Jika kita yakin kita bisa menghapusnya dengan mencentang dan memilih Fix Checked , atau jika anda masi ragu-ragu dapat menggunakan Info on selected item untuk mengetahui seputar registry tersebut.

Dan jika anda tidak mengetahui sama sekali tentang registry tersebut anda dapat menggunakan jasa layanan check onlinenya dari Hijackthis. Yaitu menggunakan fasilitas htttp://www.hijackthis.de dengan cara menggcopy log dari hasil scan anda dan memasukkannya ke halaman tersebut.





Tunggu beberapa saat sampai hasil scan anda keluar. Setelah selesai Hijackthis.de akan memberikan hasil berupa entri data berdasarkan log yang anda kirimkan dan juga hasil akan di beri tahu mana yang berbahaya dan mana yang tidak. Jika kita menganggap file atau software tersebut berbahaya kita dapat memperbaikinya dengan mencentang entri tersebut pada program Hijackthis dan memiliki Fix Checked.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © Ketadu.com